Ff Kucing Muntah Makanan Yang Dimakan dan Cara Mengatasinya | World Cat

Kucing Muntah Makanan Yang Dimakan dan Cara Mengatasinya

Inilah Beberapa Faktor Utama Yang Menyebabkan Kucing Sering Muntah

Inilah Beberapa Faktor Utama Yang Menyebabkan Kucing Sering Muntah
Penyebab Kucing Sering Muntah


Sangat banyak kondisi yang dapat menyebabkan kucing muntah setiap hari.

Dalam kasus ini sangat diperlukan pengobatan, namun beberapa diantaranya tidak perlu tindakan khusus.

Cat Lover harus segera membawa kucing ke dokter hewan jika terdapat gejala lainnya seperi berprilaku aneh, penurunan berat badan, bahkan lemas, lamban dalam bergerak.

Namun, apabila kucing terlihat biasa saja tidak mengalami hal diatas tadi, kemungkinan kucing muntah bukalah masalah yang terlalu serius.

Inilah beberapa hal atau kondisi yang dapat menyebabkan kucing anda muntah setiap hari :

1. Makan Terlalu Cepat (Tergesa - Gesa)
Yang pertama penyebab yang umum dari kucing muntah setiap pagi hari adalah makan terlalu cepat (Tergesa-Gesa)

Makan Tergesa-gesa biasa dialami oleh kucing yang jarang mendapat makanan (Telat). Maka kucing itu ketika menemukan makanan, akan cepat menghabiskan makanannya untuk cepat dihabiskan.

Hal ini terjadi karena kucing sangat lapar atau juga mungkin kucing takut jika makanannya akan direbut oleh hewan lain dan bisa juga memang memiliki kebiasaan makan cepat.

Jika makan terlalu cepat, biasanya kucing akan memuntahkan makanannya beberapa saat kemudian. dan muntahan itu akan terlihat seperti makanan semula, tandanya bahwa kucing tidak mengunyah dengan baik.


Untuk mengatasi masalah ini, anda hanya perlu memberikan makanan sedikit demi sedikit setiap harinya jangan terlalu banyak disetiap waktu makan.

2. Parasit

Kucing mengalami muntah bisa saja dipicu oleh terdapatnya parasit didalam tubuh. Bebrapa contoh kasus parasit diantaranya cacing gelang atau cacing pita.

kondisi seperti ini biasanya terjadi pada anak kucing, akan tetapi bisa terjadi pada kucing dewasa yang pernah terkena cacing namun tidak mendapatkan pengobatan yang baik.

Cacing yang terdapat pada tubuh kucing dapat menyebabkan gangguan pencernaannya, iritasi, peradangan dan pada akhirnya akan memicu kuicng muntah.

Dokter hewan biasanya akan melakukan pemeriksaan kotoran kucing untuk dapat mengetahui jenis cacing apa yang terdapat dalam tubuh kucing.
Hal tersebut terkait dengan pengobatan yang dilakukan, dikarenakan setiap cacing akan memerlukan penanganan yang berbeda.

3. Gulungan Bulu

Seekor kucing yang telah memiliki gulungan bulu didalam perutnya atau saluran pencernaannya maka akan sering muntah, sebagai upaya untuk membersihkan dirinya.

Disaat terdapat benda yang asing didalam perutnya, maka kucing akan berusaha untuk memuntahkannya. Merka (kucing) biasanya memancing muntah dengan cara memakan rumput atau lainnya.

Rajin - rajinlah menyikat bulu kucing, ini akan membantu meminimalkan jumlah bulu yang lepas yang tertelan oleh kucing, dan mencegah pembentukan gulungan bulu -bulu pada perut kucing.

4. Memakan Rumput Liar

Selanjutnya penyebab kucing muntah setiap hari (pagi) adalah seringnya kucing memakan rumput liar ketika bermain di lingkungan sekitar rumah.
Ketika bermain biasanya si kucing akan memakan rumput yang ada disekitar tempat bermainnya, tidak peduli rumput apa yang dia makan. si kucing biasanya tidak cukup memakan satu jenis rumput saja kadang beberapa jenis rumput dimakannya.

Contoh kasus. Penulis sendiri memiliki kucing Persia, dan Kucing Kampung yang suka bermain diluar rumah dan sering memakan rumput setiap bermain diluar rumah. dan setiap pagi hari si kucing akan mengalami muntah - muntah, dan muntahnya mengeluarkan rumput yang tidak berhasil di cerna oleh alat pencernaannya . biasanya muntahannya masih berbentuk rumput utuh.

Untuk mengatasi masalah ini, kita hanya perlu memperhatikan, mengawasi kucing anda ketika bermain diluar agar kita dapat mencegah si kucing jika memakan rumput liar.

Itulah beberapa penyebab kucing anda muntah setiap hari. Informasi tersebut didapatkan dari beberapa fakta pemilik kucing yang sharing bersama penulis. 

1 comment

Cyunix
Thanks buat pemberitahuannya ini sangat bermanfaat buat saya
Reply